Friday, November 13, 2015

Pelepasan Mahasiswa PPL dari IKIP Veteran Semarang

Hari Jum’at tanggal 13 November 2015 merupakan saat-saat perpisahan dengan Mahasiswa PPL dari IKIP Veteran Semarang. Mereka mengadakan PPL di TK Muslimat NU Demak selama kurang lebih 45 hari. Terhitung dari tanggal 29 September 2015. Mereka semua berjumlah 23 orang yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing dari mereka mengadakan praktik mengajar selama 3 kali praktik mengajar.
Para mahasiswa PPL itu kebanyakan berasal dari satuan Kelompok Bermain, sehingga untuk pembelajaran di Taman Kanak-Kanak masih perlu banyak belajar. Terlebih lagi dengan Kurikulum 13 yang baru kami pakai untuk tahun ini. Namun dengan keinginan dan antusiame untuk belajar maka PPL bisa terlaksana dengan baik. Meskipun masih banyak kekurangan di sana- sini. Selama sebulan lebih mereka mengikuti setiap kegiatan yang ada di TK kami seperti KBM, jalan-jalan hari Jum’at, peringatan hari besar dan sebagainya.
Ajang PPL seperti ini bagus digunakan sebagai sarana untuk saling tukar pengalaman. Karena masing-masing dari para mahasiswa itu berasal dari berbagai satuan kelompok bermain dan TK yang sudah pasti memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Sebagaimana dengan TK kami yang sarat dengan pendidikan muslim. Karena kebanyakan dari para mahasiswa itu mengeluhkan tentang banyaknya muatan pendidikan agama di TK kami. Seperti beragam doa-doa yang kami biasakan pada anak-anak. Tapi mereka semua antusias belajar.
Acara perpisahan ini sendiri diisi dengan acara ziarah ke makam di belakang Masjid Agung Demak. Setelah itu acara pelepasan dengan anak-anak yang disi dengan makan bakso bersama. Setelah itu anak-anak bersalam-salaman dengan para mahasiswa.
Usai perpisahan dengan anak-anak, para mahasiswa PPL mengadakan perpisahan dengan dewan guru dari TK Muslimat NU Demak. Acara cukup diisi dengan kesan pesan antara pihak TK dengan para mahasiswa. Banyak masukan yang kami dapatkan. Semua demi kebaikan dan kemajuan TK Muslimat NU Demak. Ada juga acara penyerahan kenang-kenangan berupa plakat dan sejumlah bingkisan untuk TK dan tentu saja untuk dewan guru TK Muslimat yang berjumlah 9 orang. Selain mendapatkan bingkisan kenang-kenangan, kami para guru pamong pun mendapatkan reward dari IKIP Veteran berupa sertifikat sebagai guru pamong. Habis itu acara foto bersama. Setelah foto bersama acara dilanjutkan dengan makan-makan.
Dan kini tiba saatnya untuk berpisah. Namun semoga saja perpisahan ini hanya seremonial belaka. Semoga tali persaudaraan dan tali silaturahmi yang sudah terjalin selama masa PPL bisa terus berlanjut. (y)

No comments:

Post a Comment